Tips dan Cara Mengatasi Blackberry Lemot, Lambat serta Cepat Panas

Tips Mengatasi BB Blackbery Lemot, Pengguna Blackberry / BB pasti pernah merasakan Smartphone Blackberry terasa Lemot atau Lambat serta panas berlebihan pada Blackberry mereka, Lambat untuk merespon aplikasi dan menunggu lama untuk membuka aplikasi, Blackberry / BB Lemot biasanya disebabkan oleh pengguna yang membuka beberapa aplikasi terutama aplikasi jejaring Sosial Facebook, Twitter atau BBM / Blackberry Messenger.
 
Blackberry / BB Lemot biasanya ditandai dengan jam pasir berputar terus menerus dan menunggu untuk beberapa saat hingga normal kembali, bahkan jika sudah lama menyebabkan Blackberry Hang dan harus melepaskan baterai kemudian memasangnya kembali.

Blackberry / BB, sama halnya dengan ponsel pintar lainnya yang memiliki keterbatasan memori, Pengguna Blackberry  menggunakan aplikasi Jejaring sosial, BBM Grup, BBM Online secara non-stop, hal inilah yang menyebabkan Blackberry / BB menjadi Lemot atau Lambat. Blackberry Messenger / BBM memang selalu aktif dan tidak pernah dimatikan karena BBM kini sangat penting bagi pengguna BB / Blackberry, Sebuah komunikasi menggunakan BBM merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua kalangan pengguna Blackberry.

Smartphone Blackberry sudah sangat populer di Indonesia, Blackberry / BB merupakan ponsel pintar besutan Research in Motion (RIM) yang kini mengganti nama menjadi Blackberry, Pengguna Blackberry hampir merata di semua segmen, Blackberry digunakan oleh kalangan Professional, Pebisnis, Eksekutif, Remaja hingga kalangan anak sekolah pun menggunakan Blackberry.
Berikut ini Tips serta cara mengatasi Smartphone Blackberry / BB yang Lemot atau Lambat :
  1. Grup BBM / Blackbery Messenger : Batasilah Grup BBM pada Blackberry anda, karena grup BBM akan membebani Memori pada BB anda dan membuat Blackberry menjadi Lemot, hapuslah Grup BBM yang tidak terlalu penting karena akan mengurangi penggunaan memori dan mencegah Blackberry anda menjadi Lemot.
  2. Tutup Chat BBM : Jika sudah selesai BBM dengan teman / sahabat / rekan anda, Maka tutuplah Chat BBM tersebut, Jika BBM itu penting anda bisa menyimpan histori BBM tersebut di Memori Card, Cara setting di BBM : Options- Save Chat History – Pilih Media Card.
  3. Hapus Email yang tidak diperlukan : Jika anda pengguna email client, maka ada baiknya anda melakukan penghapusan email secara berkala dan menghapus email yang tidak penting seperti email notifikasi dari facebook, twitter serta email dengan attachment besar.
  4. Aplikasi :  Jika anda menggunakan Aplikasi terlalu banyak pada Blackberry anda, bisa menyebabkan BB Lemot, Periksa kembali aplikasi yang ada pada Blackberry anda, apakah itu penting atau tidak, jika tidak terlalu penting maka sebaiknya dihapus.
  5. Hapus Cache memori : Jika anda sering browsing pada Blackberry, hapuslah cache memori dengan cara : Menu BlackBerry -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history.
  6. Memori Card : Sebaiknya file-file seperti music, video, foto berada di penyimpanan kartu memori
Tutuplah aplikasi jejaring sosial yang tidak terpakai seperti facebook, twitter, ini bisa mencegah Blackberry / BB anda menjadi Lemot. Jika Blackberry / BB anda sudah hang, maka lakukanlah Hard reset, Hard Reset, Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai, Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal, Biarkan selama maksimal 1 menit kemudian pasang kembali baterainya.

1 comments: